Aspek Pemasaran
RPS 2
Aspek Pemasaran
1. Pengertian Aspek Pemasaran
Aspek pemasaran merupakan faktor strategis atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan teerhadap produk / jasa yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatan aspek-aspek yang lain tidak akan teerwujud.
Kegiatan pemasaran harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen bila inginmendapatkan tanggapan yang baik dari konsumen. Perusahaan harus bertanggung jawabsepenuhnya tentang kepuasan produk yang ditawarkan, sehingga segala aktifitas perusahaan,harusnya diarahkan untuk dapat memuaskan konsumen yang pada akhirnya bertujuan untukmemperoleh laba.
Pengertian aspek pemasaran adalah faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan perusahaan khususnya dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha sama halnya dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang dan diperhatikan sebelum kita memulai usaha.
Analisis aspek pemasaran dilakukan untuk melihat dan menganalisis kebutuhan pasar agar strategi pemasaran yang akan dirancang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
Sama halnya dengan aspek pemasaran dalam kewirausahaan, aspek-aspek pemasaran dalam hal ini digunakan untuk mengembangkan usaha yang ada ditinjau dari segi pemasaran. Sebagai orang yang mengetahui Tugas Manajer Pemasaran pastilah harus mengetahui segala hal mengenai aspek pemasaran untuk memperlancar kinerjanya.
2. Tujuan Aspek Pemasaran
Tujuan perusahaan memproduksi atau memasarkan suatu produk, baik perusahaan dagang ataupun jasa selalu berpatokan pada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Tujuan perusahaan dalam memasarkan produknya ini dapat bersifat jangka pendek atau jangka panjang. Secara khusus dalam aspek pasar dan pemasaran bahwa tujuan perusahaan untuk memproduksi atau memasarkan produknya dapat dikategorikan sebagai berikut.
a. Untuk meningkatkan penjualan dan laba.
b. Untuk menguasai pasar.
c. Untuk mengurangi saingan.
d. Untuk menaikan prestise produk tertentu dipasaran.
e. Untuk memenuhi pihak-pihak tertentu.
Sedangkan tujuan kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa secara umum adalah:
a. Memaksimumkan konsumsi atau memudahkan dan merangsang konsumsi.
b. Memaksimumkan kepuasan konsumen.
c. Memaksimumkan pilihan.
d. Memaksimumkan mutu hidup
e. Meningkatkan penjualan barang dan jasa.
f. Ingin menguasai pasar dan menghadapi pesaing.
g. Memenuhi kebutuhan akan suatu produk maupun jasa.
h. Memenuhi keinginan pelanggan akan suatu produk atau jasa.
3. 4 Aspek Pemasaran yang Wajib Diketahui Sebelum Memulai Usaha
Komentar
Posting Komentar