Evaluasi Peluang Usaha Baru

Evaluasi Peluang Usaha Baru


A.    Penetapan kelayakan usaha baru
Sebelum Anda menginvestasikan terlalu banyak waktu dan uang ke dalam ide bisnis, pastikan untuk menilai apakah itu layak. Meskipun tidak ada cara untuk menjamin ide Anda akan berhasil, riset pasar yang menyeluruh dapat membantu menunjukkan apakah Anda dapat mengharapkan pengembalian investasi waktu dan energi Anda. Idealnya, ide bagus Anda juga akan menutupi biaya Anda melakukan bisnis dan menghasilkan imbalan atas kerja keras Anda. Penting untuk jelas tentang berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk membayar pengeluaran Anda, mempertahankan kemungkinan staf yang dipekerjakan dan memberi Anda upah yang dapat diterima. Sekarang saatnya untuk duduk, menghitung angka, menilai pasar dan mendapatkan gambaran yang jelas tentang kekuatan ide Anda sebagai bisnis potensial.

B.    Analisa kelayakan teknis
Kelayakan teknis adalah konsep yang luas. SWOT analisis adalah alat analisis yang umum digunakan dalam bisnis. Alatnya adalah cukup mudah digunakan dan pada dasarnya dapat diterapkan pada bisnis apa pun situasi. Unsur dari SWOT itu sendiri yaitu Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats. Jika digambarkan keempat unsur itu memiliki perbedaan seperti dibawah ini.
STRENGTHS
  • Tidak ada situs / aplikasi serupa di Finlandia
  • Biaya Operasi Rendah
  • Gagasan Baru dan segar
  • Operasi online, besar area pasar
  • Harga yang terjangkau untuk pelanggan
  • Biaya pemasaran renda
  • Pemilihan terkonsentrasi dari pelanggan
  • Biaya pemasaran rendah
  • Pemilihan terkonsentrasi dari pelanggan
WEAKNESSES
  • Kekurangan penulis pengalaman pemrograman
  • Sumber daya terbatas
  • Kesadaran pelanggan dan antusiasme
OPPORTUNITIES
  • Upaya lebih ke Mobile Aplikasi
  • Kategori bary
  • Peluang- bagian aktif situs
  • Target pasar
  • Ekspansi
THREATS
  • Niat kompetitif
  • Pasar yang dipertanyakan permintaan
  • Biaya tak terduga
  • Keuntungan yang tidak terduga
  • Perpajakan & hak cipta masalah

C.     Penilaian Peluang Pasar
Penilaian pasar adalah evaluasi terperinci dan obyektif dari potensi produk baru, ide bisnis baru atau investasi baru. Penilaian pasar yang dilaksanakan dengan baik akan memungkinkan perusahaan Anda untuk memutuskan ke mana harus menggunakan sumber daya yang terbatas dan untuk mengejar pasar dan peluang yang akan memberikan pengembalian investasi terbaik.
Menurut Robert Pease, 2015 penilaian peluang pasar dapat dilakukan dengan cara:
Pertama, beberapa pertanyaan dasar untuk dijawab:
1.Pasar apa yang Anda bicarakan? Definisikan secara luas namun terukur.
2.Siapa pelanggannya Pengguna akhir, mitra distribusi, orang lain? Detail kepribadian termasuk nama, peran, dll. Bahkan lebih baik jika Anda mengenal satu atau banyak dari orang-orang ini (sehingga Anda dapat berbicara dengan mereka)
3.Tantangan apa yang Anda hadapi sebagai peserta baru yang tidak memiliki rekam jejak? Apa saja hambatan untuk masuk? Dapatkah Anda mengganggu model konsumsi / distribusi yang ada atau Anda bergantung pada beberapa mitra untuk menjadi sukses?
Selanjutnya, gali peluang pasar:
1. Validasi pasar
Definisi pasar - per di atas tetapi gali ke dalam kategori dan sub-kategori spesifik  yangAndatargetkan.
2. Keadaan pasar -Seperti apa bentuk kurva adopsi? -Apakah Anda menjual kepada pengadopsi awal atau pragmatis? -Apakah ini akan menjadi siklus penjualan yang panjang atau pendek? -Apa hambatan untuk ya? -Kekuatan / proposisi penjualan unik dari pemain lama serta tantangan yang dihadapi oleh peserta baru.
3. Kemampuan
-Apa penawaran dan bagaimana Anda akan mengirimkan (mendistribusikan) itu?
-Apakah produk / layanan memenuhi kebutuhan pasar? Dengan cara apa? Apakah itu memecahkan masalah nyata?
-Apakah kemampuan ini sudah ada atau harus dikembangkan?
4. Harga -Bagaimana Anda akan membebankan biaya untuk produk / layanan Anda? -Per kursi, per pengguna, per transaksi, per bulan? -Apa skenario dan pastikan untuk memasukkan target margin (Anda memang ingin mendapat untung). Termasuk volume dan diskon durasi kontrak.
5. Go-to-market model -Tentukan jalur terbaik ke pasar termasuk pro dan kontra dari model penjualan langsung vs. tidak langsung. Untuk tidak langsung, pahami saluran apa, mitra yang tersedia dan bagaimana mereka mendistribusikan termasuk penjualan melalui peluang. Apa model go-to-market optimal untuk menjangkau target pelanggan Anda dan berapa perkiraan biaya perolehan pelanggan? Ingat - Anda harus dapat menjualnya sendiri sebelum mitra distribusi dapat melakukannya. Jangan jatuh ke dalam jebakan berpikir bahwa seorang mitra akan membawa produk Anda ke pasar tanpa Anda atau tanpa bantuan Anda (sebagian besar pada awalnya).
6. Pengalaman pengguna Seperti apa bentuk "hari dalam hidup" bagi pembeli target atau pengguna akhir? Petakan kasus penggunaan produk / layanan Anda dengan hari itu dan tentukan kesenjangan, rasa sakit, dan solusi yang saat ini digunakan. Tulis narasi hari ini. Gunakan kepribadian Anda dan tulis sebuah kisah yang membentang mulai dari hari mereka hingga akhir termasuk semua tugas, sistem, dan langkah-langkah yang mereka ambil pada siang hari (ini sulit tapi sangat berharga).

D.     Penilaian Kemampuan Organisasional
Penilaian kemampuan organisasional berupaya menjelaskan gaya belajar, dan bidang minat yang dapat digunakan untuk berkembang isyarat dan teknik berbasis minat. Ada juga keragaman yang sangat besar
1. Identitas dan harga diri
2. Gaya belajar
3. Ketidakmampuan belajar
4. Manajemen organisasi / keterampilan dalam bidang-bidang berikut:
a. Rumah
b. Kerja
c. Keuangan
d. Sekolah
5. Hubungan
6. Komunikasi
7. Parenting
8. Kesehatan / Keamanan
9. Impulsif
10. Manajemen Waktu

E.     Analisa Persaingan
Analisis pesaing adalah salah satu langkah paling penting yang harus Anda ambil sebelum menetapkan strategi Anda. Analisis ini melihat lebih dalam ke tautan, kata kunci, konten, dan pesaing di tempat Anda untuk mengetahui apa yang membuatnya dicentang. Dengan evaluasi ini, Anda dapat menetapkan apa yang membuat produk atau layanan Anda unik dan karenanya atribut apa yang Anda mainkan untuk menarik target pasar Anda. Dengan:
1. Tentukan siapa pesaing Anda.
2. Tentukan produk apa yang ditawarkan pesaing Anda.
3. Teliti taktik dan hasil penjualan pesaing Anda.
4.Analisis bagaimana pesaing Anda memasarkan produk mereka.
5. Perhatikan strategi konten pesaing Anda.
6. Analisis tingkat keterlibatan pada konten pesaing Anda.
7.Amati bagaimana mereka mempromosikan konten pemasaran.
8. Lihatlah kehadiran, strategi, dan platform media sosial mereka
9. Lakukan Analisis SWOT untuk mempelajari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman
     mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGANALISA PERUSAHAAN PT.LAKSANA

Jiwa Kepemimpinan, Memiliki Dedikasi, Ketekunan, Daya Nalar dan Berpikir Terbuka

Konvensi Internasional